KEMAMPUAN
SISWA DALAM MENULISKAN HAL-HAL PENTING YANG DIKEMUKAKAN NARASUMBER DALAM
WAWANCARA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2012/2013
OLEH :
SYAFRITA
IRDANI PUTRI
NPM
: 096211196
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM RIAU
PEKANBARU
2013
KEMAMPUAN
SISWA DALAM MENULISKAN HAL-HAL PENTING YANG DIKEMUKAKAN NARASUMBER DALAM
WAWANCARA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2012/2013
Diajukan
sebagai syarat mengikuti ujian seminar
OLEH :
SYAFRITA
IRDANI PUTRI
NPM
: 096211196
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM RIAU
PEKANBARU
2013
Lembaran Persetujuan
Tugas
laporan oleh Syafrita Irdani Putri ini telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.
Pekanbaru, Maret
2013
Pembimbing
I
Drs
Jamilin Tinambunan, M.Ed
NIP
PERNYATAAN KEASLIAN
TULISAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
:
Nama :
Syafrita Irdani Putri
NIM :
096211196
Jurusan/Program
Studi : Pendidikan Bahasa dan seni/Bahasa
dan sastra Indonesia.
Fakultas/Program : Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan.
Menyatakan
dengan sebenarnya bahwa laporan ini di tulis sebagai syarat untuk mengikuti
mata kuliah seminar, yang saya tulis ini benar-benar merupakan hasil karya saya
sendiri; bukan merupakan pengambilalihan tulisan atau pikiran orang lain yang
saya aku sebagai hasil tulisan atau pemikiran saya sendiri.
Apabila
di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktukan laporan ini hasil jiplakan,
maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.
Pekanbaru,16 Maret 2013
Yang
membuat pernyataan,
Tanda
tangan
Syafrita
Irdani Putri. 2012.Seminar : Kemampian Siswa Dalam Menuliskan Dengan
Singkat Hal-Hal Penting
Yang Di Kemukakan
Narasumber Dalam Wawancara Siswa
Kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Siak
Hulu Kabupaten Kampar.
ABSTRAK
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk
memper oleh data dan informasi tentang Kemampian
Menulis Loporan Perjalanan Dengan Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di
Kemukakan Narasumber Dalam Wawancara. Keterampilan menulis merupakan salah satu dari
empat aspek keterampilan berbahasa yang di kembangkan dalam mata pelajaran
Bahasa Indonesia di SMP. Penulisan laporan perjalanan merupakan salah satu
kopetensi dasar yang di ajarkan di kelas VII SMP. Kompetensi ini bertujuan
untuk mengungkapakn informasi perjalanan siswa dalam bentuk tulisan laporan
perjalanan. Kesulitan tersebut, siswa kurang mampu menulis sistematika laporan
perjalanan dengan penulisan ejaan dan tanda baca.
Peneliti
dengan judul Kemampian Menulis Loporan Perjalanan Dengan
Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan Narasumber Dalam Wawancara Siswa Kelas VII
SMP Negeri 4 dimaksudkan untuk memperbaiki kemampuan menulis laporan perjalanan
dengan penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan Narasumber Dalam Wawancara dalam pembelajaran
ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis Kemampian Menulis Loporan
Perjalanan Dengan Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan Narasumber Dalam Wawancara dengan menggunakan
bahasa yang baik dan benar.
Hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampian
Menulis Loporan Perjalanan Dengan Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di
Kemukakan Narasumber Dalam Wawancara dan
dapat memotifasi pada pembelajaran menulis laporan perjalanan di kelas VII SMP
Negeri 4.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan
segala kemudahan, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini sebagai salah
satu syarat guna menyelesaikan matakuliah seminar.
Judul proposal ini ” KEMAMPUAN
SISWA DALAM MENULISKAN DENGAN SINGKAT HAL-HAL PENTINGYANG DIKEMUKAKAN NARASUMBER
DALAM WAWANCARA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN AJARAN
2012-2013” . Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan
dari beberapa pihak.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan proposal
ini masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan yang di sebabkan oleh keterbatasan
pengetahuan dan pengalaman yang penulis miliki. Oleh karena itu kritik dan
saran penulis harapkan demi kesempurnaan ini. Harapan penulis semoga proposal
ini bermanfaat bagi pembaca. Pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati,
penulis menghantarkan rasa terima kasih kepada yang terhomat :
1. Irsal Syarif dan Sri Srejeki Setia Rini yang telah
memberikan doa dalam setiap langkahku dan selalu menjadi tauladan yang baik
dalam hidupku.
2. Bapak
Drs. Nazirun., M.Ed, selaku Dekan Fakultas FKIP Universitas Islam Riau
Pekanbaru, yang telah mendukung penulis dalam menyusun proposal ini dengan
memberikan izin penelitian.
3. Ibu
Roziah., S.Pd., M.A, selaku Prodi Fakultas FKIP Universitas Islam Riau
Pekanbaru, yang telah mendukung penulis dalam menyusun proposal ini dengan
memberikan izin penelitian.
4. Pak JamilinTambunanM.Pd selaku
pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk
memberikan bimbingan dan selalu mensuport.
5. Dosen-dosen
Fakultas FKIP Universitas Islam Riau pekanbaru, yang telah memberikan bimbingan
dan pengarahan ilmu-ilmu kepada penulis dalam berbagai bidang, khususnya yang
berhubungan dengan dunia keguruan.
6. Kak
Chika, Adis, dan Dava, kakak dan adik-adikku yang selalu memberikan dukungan
dalam doa dan perhatian serta kasih sayang yang takan pernah terlupakan.
7. Sahabatku
Rina Purwanti, Ningsih, Rida Sabrina, Siti Bahriati, Irmawati Sababalat,
Silvia, Vanti Septiami, Nesti Febrianti, Anisa Shanka Masita, dan Lamtiar.
Sahabat sejati kan selalu ada di hati. Terima kasih atas dukungan dan doa
hingga terseleasikannya proposal ini dan persahabatan yang telah mewarnai
hari-hari yang indah selama bertahun-tahun yang sangat menyenangkan bersama
kalian.
8. Teman-teman
angkatan 2009 kelas D, teman seperjuanganku yang memotivasi penulisan proposal
ini. Tetap semangat dan terus berjuang.
9. Semua
pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu, yang telah bersedia
meluangkan waktu guna membantu penyelesaian proposal ini.
Semoga amal dan kebajikan yang telah di berikan kepada penulis
mendapat pahala dan menjadi amal yang di ridhoi oleh Allah SWT.
Penulis menyadari bahwa karya sederhana ini masih jauh dari kesempurnaan,
untuk itu segala saran dan keritik untuk perbaikan proposal ini akan penulis terima
dengan senang hati dan yang terakhir, karya sederhana ini penulis persembahkan kepada
Almamater dan semoga dapat bermanfaat Amin.
Pekanbaru, 16 Maret 2013
Syafrita Irdani Putri
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................. i
DAFTAR ISI .............................................................................................. ii
DAFTAR
TABLE………………………………………………………... vii
ABSTRAK……………………………………………………………….. xi
BAB 1
PENDAHULUAN……………………………………………….. 1
1.1 Latar
Belakang dan Masalah ..................................................... 1
1.1.1 Latar
belakang ................................................................. 1
1.1.2 Masalah
........................................................................... 6
1.2
Tujuan
Masalah.......................................................................... 6
1.3
Ruang
Lingkup........................................................................... 6
1.3.1 Pembatasaan
Masalah...................................................... 7
1.3.2 Penjelasan
Istilah............................................................. 7
1.4
Anggapan Dasar, Hipotesis,
dan Teori...................................... 10
1.4.1 Anggapan
Dasar................................................. ………. 10
1.4.2 Hipotesis.......................................................................... 10
1.4.3 Teori................................................................................. 10
1.4.3.1 Memahami
Hal-hal Penting Dalam Wawancara.. 11
1.4.3.2 Wawancara
Tertutup............................................ 14
1.4.3.4 Memahami Hal-hal Hal-hal penting dari suatu wawancara
dengan bahasa yang komunikatif… 14
1.5
Penentuan
Sumber.................................................................... 17
1.5.1 Populasi Penelitia........................................................... 17
1.5.2 Sempel Penelitian........................................................... 17
1.6
Pengumpulan Data ………………………………………….. 18
1.6.1 Metode
penelitian...................................................... 18
1.6.2 Teknik
Pengumpulan Data........................................ 18
1.6.3 Teknik
Analisi Data................................................... 19
BAB II
PENGOLAHAN DATA……………………………………….. 17
2.1
Deskripsi Data……………………………………………….. 22
2.2
Analisis Data………………………………………………… 24
BAB III KESIMPULAN
DAN SARAN………………………………. 29
3.1
Kesimulan…………………………………………………… 29
3.2
Saran………………………………………………………… 29
DAFTAR
PUSTAKA.............................................................................. 30
DAFTAR
TABEL
1. Jumlah
siswa kelas VII SMP Negeri 4 kecamatan Siak Hulu kecamatan Kampar…………………………………………………………………. 15
2. Rentang
penilaian kualitatif dan kuantitatif……………………………. 19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar