Rabu, 27 Maret 2013

Cover SEMINAR


KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULISKAN HAL-HAL PENTING YANG DIKEMUKAKAN NARASUMBER DALAM WAWANCARA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2012/2013



lambang UIR
 










OLEH :

SYAFRITA IRDANI PUTRI
NPM : 096211196


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2013

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULISKAN HAL-HAL PENTING YANG DIKEMUKAKAN NARASUMBER DALAM WAWANCARA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2012/2013



lambang UIR
 










Diajukan sebagai syarat mengikuti ujian seminar

OLEH :

SYAFRITA IRDANI PUTRI
NPM : 096211196
                  

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2013
      Lembaran Persetujuan


Tugas laporan oleh Syafrita Irdani Putri ini telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.



Pekanbaru,      Maret 2013
Pembimbing I


Drs Jamilin Tinambunan, M.Ed
NIP



PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             : Syafrita Irdani Putri
NIM                               : 096211196
Jurusan/Program Studi : Pendidikan Bahasa dan seni/Bahasa dan sastra Indonesia.
Fakultas/Program          : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa laporan ini di tulis sebagai syarat untuk mengikuti mata kuliah seminar, yang saya tulis ini benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri; bukan merupakan pengambilalihan tulisan atau pikiran orang lain yang saya aku sebagai hasil tulisan atau pemikiran saya sendiri.

Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktukan laporan ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.


                                                                              Pekanbaru,16 Maret 2013
                                                                             Yang membuat pernyataan,


                                                                                      Tanda tangan




Syafrita Irdani Putri. 2012.Seminar : Kemampian Siswa Dalam Menuliskan Dengan Singkat  Hal-Hal  Penting  Yang  Di  Kemukakan  Narasumber Dalam Wawancara  Siswa Kelas VII SMP  Negeri 4 Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
ABSTRAK
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memper oleh data dan informasi tentang Kemampian Menulis Loporan Perjalanan Dengan Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan  Narasumber Dalam Wawancara. Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa yang di kembangkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penulisan laporan perjalanan merupakan salah satu kopetensi dasar yang di ajarkan di kelas VII SMP. Kompetensi ini bertujuan untuk mengungkapakn informasi perjalanan siswa dalam bentuk tulisan laporan perjalanan. Kesulitan tersebut, siswa kurang mampu menulis sistematika laporan perjalanan dengan penulisan ejaan dan tanda baca.
            Peneliti dengan judul Kemampian Menulis Loporan Perjalanan Dengan Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan  Narasumber Dalam Wawancara Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 dimaksudkan untuk memperbaiki kemampuan menulis laporan perjalanan dengan penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan  Narasumber Dalam Wawancara dalam pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis Kemampian Menulis Loporan Perjalanan Dengan Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan  Narasumber Dalam Wawancara dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
            Hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampian Menulis Loporan Perjalanan Dengan Penulisan Singkat Hal-hal Penting Yang Di Kemukakan  Narasumber Dalam Wawancara dan dapat memotifasi pada pembelajaran menulis laporan perjalanan di kelas VII SMP Negeri 4.
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan segala kemudahan, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini sebagai salah satu syarat guna menyelesaikan matakuliah seminar.
Judul proposal ini ” KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULISKAN DENGAN SINGKAT HAL-HAL PENTINGYANG DIKEMUKAKAN NARASUMBER DALAM WAWANCARA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN AJARAN 2012-2013” . Penulis menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dari beberapa pihak.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan proposal ini masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan yang di sebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang penulis miliki. Oleh karena itu kritik dan saran penulis harapkan demi kesempurnaan ini. Harapan penulis semoga proposal ini bermanfaat bagi pembaca. Pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati, penulis menghantarkan rasa terima kasih kepada yang terhomat :
1.      Irsal Syarif dan Sri Srejeki Setia Rini yang telah memberikan doa dalam setiap langkahku dan selalu menjadi tauladan yang baik dalam hidupku.
2.      Bapak Drs. Nazirun., M.Ed, selaku Dekan Fakultas FKIP Universitas Islam Riau Pekanbaru, yang telah mendukung penulis dalam menyusun proposal ini dengan memberikan izin penelitian.
3.      Ibu Roziah., S.Pd., M.A, selaku Prodi Fakultas FKIP Universitas Islam Riau Pekanbaru, yang telah mendukung penulis dalam menyusun proposal ini dengan memberikan izin penelitian.
4.      Pak JamilinTambunanM.Pd selaku pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk memberikan bimbingan dan selalu mensuport.
5.      Dosen-dosen Fakultas FKIP Universitas Islam Riau pekanbaru, yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan ilmu-ilmu kepada penulis dalam berbagai bidang, khususnya yang berhubungan dengan dunia keguruan.
6.      Kak Chika, Adis, dan Dava, kakak dan adik-adikku yang selalu memberikan dukungan dalam doa dan perhatian serta kasih sayang yang takan pernah terlupakan.
7.      Sahabatku Rina Purwanti, Ningsih, Rida Sabrina, Siti Bahriati, Irmawati Sababalat, Silvia, Vanti Septiami, Nesti Febrianti, Anisa Shanka Masita, dan Lamtiar. Sahabat sejati kan selalu ada di hati. Terima kasih atas dukungan dan doa hingga terseleasikannya proposal ini dan persahabatan yang telah mewarnai hari-hari yang indah selama bertahun-tahun yang sangat menyenangkan bersama kalian.
8.      Teman-teman angkatan 2009 kelas D, teman seperjuanganku yang memotivasi penulisan proposal ini. Tetap semangat dan terus berjuang.
9.      Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu, yang telah bersedia meluangkan waktu guna membantu penyelesaian proposal ini.

Semoga amal dan kebajikan yang telah di berikan kepada penulis mendapat pahala dan menjadi amal yang di ridhoi oleh Allah SWT.
Penulis menyadari bahwa karya sederhana ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran dan keritik untuk perbaikan proposal ini akan penulis terima dengan senang hati dan yang terakhir, karya sederhana ini penulis persembahkan kepada Almamater dan semoga dapat bermanfaat Amin.



 Pekanbaru, 16 Maret 2013


      Syafrita Irdani Putri



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................        i
DAFTAR ISI ..............................................................................................         ii
DAFTAR TABLE………………………………………………………...   vii
ABSTRAK………………………………………………………………..    xi
BAB 1 PENDAHULUAN………………………………………………..    1
1.1  Latar Belakang dan Masalah ..................................................... 1
1.1.1    Latar belakang ................................................................. 1
1.1.2    Masalah ...........................................................................  6
1.2             Tujuan Masalah..........................................................................     6
1.3             Ruang Lingkup...........................................................................     6
1.3.1    Pembatasaan Masalah...................................................... 7
1.3.2    Penjelasan Istilah.............................................................  7
1.4             Anggapan Dasar, Hipotesis, dan Teori......................................       10
1.4.1    Anggapan Dasar.................................................     ……….       10
1.4.2    Hipotesis..........................................................................  10
1.4.3    Teori................................................................................. 10
1.4.3.1 Memahami Hal-hal Penting Dalam Wawancara..   11
1.4.3.2 Wawancara Tertutup............................................  14
1.4.3.3 Wawancara Terbuka............................................  14
1.4.3.4 Memahami Hal-hal Hal-hal penting dari suatu wawancara dengan bahasa yang komunikatif…       14
1.5             Penentuan Sumber....................................................................       17
1.5.1    Populasi Penelitia...........................................................   17
1.5.2    Sempel Penelitian...........................................................    17
1.6             Pengumpulan Data ………………………………………….. 18
1.6.1    Metode penelitian......................................................    18
1.6.2    Teknik Pengumpulan Data........................................    18
1.6.3    Teknik Analisi Data...................................................    19
BAB II PENGOLAHAN DATA………………………………………..      17
2.1 Deskripsi Data………………………………………………..     22
2.2 Analisis Data…………………………………………………      24
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN……………………………….       29
3.1 Kesimulan……………………………………………………       29
3.2 Saran…………………………………………………………       29
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................   30



          DAFTAR TABEL

1.      Jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 4 kecamatan Siak Hulu kecamatan Kampar………………………………………………………………….      15
2.      Rentang penilaian kualitatif dan kuantitatif…………………………….      19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar